Kemacetan di Daerah Cipare

                Kemacetan adalah kondisi dimana terjadi kepadatan kendaraan pada salah satu titik di jalur kendaraan yang menyebabkan pergerakan kendaraan menjadi lambat atau bahkan berhenti. Penjualan kendaraan bermotor selalu bertambah setiap tahun, seiring dengan hal tersebut, kemacetan pun semakin mudah dijumpai. Salah satunya kemacetan di daerah Cipare.


            Cipare adalah salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten. Cipare merupakan salah satu jalur utama yang dilalui oleh pengguna  jalan untuk menuju ke destinasi mereka. Cipare juga merupakan kawasan yang strategis. Terdapat beberapa lokasi penting yang ada di daerah tersebut, seperti Polres Serang, Rumah Sakit Kencana, SMA Negeri 1 Kota Serang, dan ruko - ruko di sepanjang jalan. Hal – hal tersebut menjadikan Cipare sebagai kawasan yang ramai.

Tak hanya daerah Cipare yang sering mengalami kemacetan. Salah satu daerah yang juga sering mengalami kemacetan ialah daerah Cipocok. Namun, kemacetan di daerah Cipocok tidak separah kemacetan di daerah Cipare. Kemacetan di daerah Cipare hampir terjadi setiap hari, sementara itu kemacetan di daerah Cipocok hanya terjadi saat jam pulang sekolah.

Setiap pagi di beberapa lokasi penting di daerah Cipare selalu ramai. Salah satu lokasinya adalah SMA Negeri 1 Kota Serang. Sebelum jam masuk sekolah, para murid yang menaiki kendaraan umum atau pribadi yang ingin masuk ke sekolah harus turun di depan sekolah. Banyaknya murid yang turun di depan sekolah menyebabkan kemacetan di derah tersebut.

Tak hanya disebabkan oleh lokasi – lokasi penting di daerah Cipare. Kemacetan juga dapat disebabkan oleh perbaikan infrastruktur yang sedang dilaksanakan di daerah sekitar jalur kendaraan. Contohnya pelebaran jalur kendaraan, perbaikan jalur kendaraan, dan pelebaran jalur pejalan kaki.

Banyaknya pengendara yang memarkir kendaraannya di bahu jalan juga merupakan salah satu penyebab kemacetan. Padahal sudah terdapat rambu lalu lintas untuk tidak memarkir kendaraan di sepanjang bahu jalan. Hal tersebut menyebabkan jalur kendaraan menjadi lebih sempit daripada yang seharusnya.

Kemacetan di daerah Cipare sering sekali terjadi baik saat hari biasa maupun hari libur. Hal tersebut disebabkan oleh kawasan Cipare yang letaknya strategis. Faktor-faktor lainnya seperti perbaikan jalur kendaraan, pelebaran jalan pejalan kaki, dan banyaknya kendaraan pribadi yang parkir sembarangan juga menjadi faktor penyebab adanya kemacetan di daerah Cipare.

Terjadinya kemacetan dapat menghambat efisiensi waktu untuk mencapai ke tempat tujuan. Namun dalam hal ini kemacetan juga tidak dapat diprediksi kapan terjadinya. Peningkatan penjualan unit kendaraan pribadi menjadi salah satu faktor yang secara tidak langsung menyebabkan kemacetan. Buruknya fasilitas kendaraan umum membuat masyarakat lebih memilih untuk mengendarai kendaraan pribadi dibanding harus menaiki kendaraan umum sehingga membuat peningkatan penjualan terjadi tiap tahunnya. Seharusnya pemerintah dapat mencegah kemacetan tersebut dengan cara memperbaiki fasilitas-fasilitas kendaraan umum yang ada. Jika fasilitas-fasilitas tersebut diperbaiki, maka masyarakat pun dapat menggunakannya dengan nyaman dan secara tidak langsung pemerintah telah menekan angka penjualan kendaraan pribadi.


Kelompok 8 :

·         Amalia Rahman   (03)
·         Katarina Putri       (18)
·         Najma Fauziah     (45)

Komentar

Postingan Populer