Pentingnya Mengasah Kemampuan Sesuai Minat dan Bakat

Nama : Zahra Fahrani
Kelas : XI Mipa 1

Pentingnya Mengasah Kemampuan Sesuai Minat dan Bakat

Assalamualaikum Wr. Wb.
Kepada yang terhormat ibu Diyah yang telah memberikan saya kesempatan untuk berdiri disini guna menyampaikan beberapa patah kata dan tak lupa juga saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman yang telah bersedia duduk di tempat dan meluangkan waktunya untuk mendengarkan hal-hal yang akan saya sampaikan. Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT., yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada hari ini. Shalawat serta salam juga mari kita panjatkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW., sehingga kelak di hari akhir nanti, kita semua akan mendapat pertolongannya. Aamiin yaa Robbal Alamiin.
Saya berdiri di sini ingin menyampaikan beberapa hal mengenai Pentingnya Mengasah Kemampuan Sejak Dini Sesuai Bakat dan Minat. Mengapa? Agar ketika umur para pemuda-pemudi sekalian telah menginjak usia dewasa atau usia yang cukup, kalian tidak akan lagi merasa bingung untuk menentukan cita-cita hidup atau kemana tujuan hidup kalian selanjutnya.
Seperti yang kita ketahui, banyaknya mata pelajaran atau bidang studi yang kita emban sejak di bangku Sekolah Dasar membuat kita kewalahan untuk menguasai semua mata pelajaran tersebut. Hal ini tentu saja akan membuat kita sebagai pelajar merasa bingung untuk menentukan cita-cita atau tujuan hidup selanjutnya setelah lulus dari bangku SMA. Terlalu banyaknya mata pelajaran yang harus dikuasai juga mengakibatkan rasa tertekan dengan materi dan jam pelajaran yang terlalu banyak sehingga akan mengalami stress akademik. Lelah yang dirasakan pelajar mengakibatkan rasa jenuh dan tidak sedikit juga yang mentalnya turun karena kurang mampu mengelola waktu, memprioritaskan kegiatan, dan menggali minat dan bakat yang terpendam dalam diri.
Oleh karena itu, kemampuan perlu diasah sejak dini, ketika umur masih belum menginjak usia dewasa dan masih memiliki cukup waktu untuk menjalani kegiatan-kegiatan guna menggali potensi yang berada di dalam diri sehingga dapat mengembangkan pribadi berdasarkan tingkat kecerdasannya. Seperti apa yang dicantumkan pada Undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan anak, pasal 9 ayat 1; “setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadi dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya.”
Orang tua tentu saja memegang peranan penting dalam pengasahan kemampuan anak demi masa depan mereka. Orang tua dapat menerapkan apa yang dinamakan positive parenting. Dengan cara ini, orang tua wajib memberikan kesempatan kepada anak untuk bicara mengenai harapan dan keinginannya. Dengan demikian, komunikasi yang terjalin antara orang tua dan anak membuat orang tua dapat memahami potensi dan bakat dalam diri anak. 
Untuk mengetahui bakat anak sebetulnya dapat diketahui dengan kecakapan anak akan suatu bidang. Dengan begitu, potensi atau kemampuan yang dimiliki anak akan tergali secara optimal, sehingga anak mampu berprestasi dan merasa senang oleh apa yang telah diraihnya. Tugas orang tua adalah melatih anak mendapatkan kepercayaan diri serta kemampuan beradaptasi yang dapat berperan penting dalam melatih bakat anak.
Namun, apabila tidak ada dorongan dari diri sendiri untuk memiliki keinginan mengasah kemampuan, tentu saja akan sulit untuk dilakukan. Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan guna mengasah kemampuan kita, yang pertama adalah, berpikir ulang tentang kegiatan apa yang sangat disukai di masa kecil. Dari hal yang disukai itulah dapat menemukan sesuatu yang istimewa dalam diri kita. Rasa yang kita rasakan ketika usia masih dalam tergolong anak-anak adalah rasa yang paling jujur dan murni yang berasal dari dalam hati.
Selain itu, faktor idola juga dapat memengaruhi minat dan bakat kita. Setiap orang pasti memiliki idolanya masing-masing. Dengan mengenali kembali sosok yang menjadi role model setidaknya akan mendapatkan inspirasi kehidupan seperti apa yang ingin diraih di masa depan.
Jangan lupa untuk memberi target dalam hidup kalian. Suatu hal akan lebih mudah diraih apabila kita memiliki target karena hidup kita akan lebih terarah dan memiliki keyakinan untuk mencapainya. Dalam kata lain, target ini akan membimbing kita untuk mempertahankan minat yang telah dipilih.
Memperluas wawasan juga dapat dilakukan terutama bagi kalian yang belum benar-benar mengetahui cita-cita atau tujuan hidup kalian selanjutnya. Perluaslah wawasan kalian mengenai berbagai macam bidang pengetahuan yang ada. Wawasan akan membuka mata dan pikiran kalian mengenai hal-hal menarik di luar sana yang dapat dijadikan cita-cita dan target dalam hidup kalian.
Baiknya lagi apabila kita memiliki minat dan bakat yang dijadikan cita-cita dapat bermanfaat bagi masyarakat. Memberi suatu hal tidak harus selalu berupa uang, jasa pun dapat kita tawarkan sebagai bantuan tanpa pamrih. Anjuran untuk saling tolong menolong dalam hal kebaikan telah jelas difirmankan oleh Allah SWT. Bahkan dalam sebuah Hadits riwayat Ibnu Abi Addunia dan Asysyihaab “pertolonganmu terhadap orang lemah adalah sodaqoh yang paling afdol.” 
Sekian ceramah dari saya. Semoga materi yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih atas perhatiannya dan kurang lebihnya mohon maaf.
            Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

Postingan Populer