KEJAHATAN DIBALAS DENGAN KEBAIKAN

 
Nama: Caroline Anggi Sophia
Kelas : XI MIPA 1

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.
Yang saya hormati,Ibu Sadiah selaku guru Bahasa Indonesia kelas 11 MIPA1,dan juga teman-teman sekalian yang saya cintai.

Sebelum saya menyampaikan ceramah,pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,karena dengan rahmatNya  kita masih diberikan kesempatan untuk berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat.Saya juga berterimakasih kepada Ibu Diah yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan ceramah ini.Tak lupa saya sampaikan juga terimakasih kepada teman-teman yang telah bersedia menjadi pendengar ceramah saya pada pagi ini.

Pada kesempatan kali ini,saya akan menyampaikan ceramah mengenai kejahatan dibalas dengan kebaikan.Adapun tujuan dari ceramah ini adalah untuk memotivasi,membuka pikiran,membuka perasaan dan menyadarkan saudara sekalian bahwa berbuat kebaikan itu penting.

Dari kecil setiap orang tua pasti mengakarkan nilai- nilai kebaikan kepada anak-anaknya.Karena apa yang anda tabur,itu juga yang anda tuai.Akhirnya walaupun tidak mudah,kita berusaha untuk selalu berbuat baik kepada rekan,sahabat,keluarga,orang-orang yang anda cintai.Tapi nyatanya,semakin lama kita berada di dunia,semakin kita bisa melihat realita,sebuah kenyataan,bahwa ternyata kebaikan tidak selalu dibalas dengan kebaikan.Seringkali yang terjadi adalah kebalikannya.
Orang yang sudah anda bantu,ternyata malah menipu.Sahabat yang sudah anda anggap sebagai saudara sendiri,malah selingkuh dengan orang yang anda cinta.Keluarga yang butuh uang,setelah dibantu malah hilang dengan tumpukan utang.Orang yang anda tolong ujung-ujungnya malah ketahuan mencuri,dan masih banyak lagi pengalaman buruk lainnya.
Lalu perlahan,keyakinan anda memudar,katanya kebaikan akan dibalas dengan kebaikan.Kok nyatanya tidak?.Apa yang salah?,yang salah adalah ekspektasinya.

Anda tidak bisa berbuat baik kepada seseorang dan berharap orang itu akan membalas kebaikan anda.TIDAK.Selama anda berharap kepada manusia,maka anda akan selalu KECEWA.Ketahuilah,ketika anda menanam padi,yang tumbuh bukan hanya padi,tapi akan ada juga ilalang atau rumput liar yang mengganggu hasil panen anda.Apakah itu salah anda?.Belum tentu.Itulah hidup.Ketika anda berbuat baik,bukan berarti itu menjamin anda akan selalu bertemu dengan orang yang baik saja.Akan ada orang-orang yang mungkin memfitnah,menipu,bahkan mengecewakan.Ada cobaan,ada kesedihan,dan itulah ujianmu.Ujian yang akan membuat anda lebih tangguh.Lalu bagaimana dengan prinsip tabur tuai?.
Kebaikan yang anda buat untuk orang lain,belum tentu dibalas dengan kebaikan dari orang tersebut.Tapi kebaikan anda akan dibalas dengan kebaikan.Kalau bukan dari orang itu,mungkin dari dia,dia,atau bahkan orang yang tidak kamu kenal sekalipun.Ingat! Bukan dia yang kamu bantu yang akan membalas,tapi Tuhanlah yang akan melihat dan melipatgandakan apa yang sudah anda tabur.
Bunda theresa pernah  berkata: "Orang sering keterlaluan,tidak logis,dan hanya mementingkan.diri sendiri." .Tetapi bagaimanapun maafkanlah mereka.Kebaikan yang anda lakukan hari ini,bisa saja besok akan dilupakan orang.Tapi tetaplah berbuat baik.Apabila anda berbuat baik,mungkin ada saja yang berprasangka bahwa ada maksud tersembunyi dibalik perbuatan baik anda.Tapi bagaimanapun juga tetaplah berbuat baik.Bagaimaapun itu,tetaplah berikan yang terbaik dari diri anda.Karena pada akhirnya itu adalah urusan anda dengan Tuhan.Memang tidak mudah untuk jadi orang baik.Tapi walaupun susah,tetaplah berbuat baik.

Sebagai penutup dari ceramah saya pagi ini,saya akan mengutip salah satu ayat,yakni Roma 12:21.Kesimpulan dari ceramah ini adalah berbuat baiklah selagi masih bisa anda lakukan,selagi masih ada waktu dan selagi masih ada kesempatan.Ingat! Tuhan tidak pernah tidur,dan kita tidak akan pernah terlepas dari pandanganNya.Ia akan selalu memberikan yang terbaik untuk kita umatnya.

Demikianlah ceramah ini,mohon maaf apabila ada kesalahan pengucapan atau hal lainnya.Terima kasih atas perhatiannya,selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Komentar

Postingan Populer