Pentingnya Makan Makanan yang Sehat ( Rumondang Theresia. J / XI MIPA 1 )


TEKS CERAMAH
Pentingnya Makan Makanan yang Sehat

Selamat siang,  salam sejahtera bagi kita semua! 
     Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkatnya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat. Saya ucapkan terima kasih kepada ibu guru Bahasa Indonesia yang telah memberikan kesempatan bagi saya untuk ceramah di sini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang bersedia mendengarkan ceramah saya. 
     Tujuan saya berdiri di sini adalah untuk menyampaikan ceramah tentang pentingnya makan makanan yang sehat. Materi ini saya sampaikan untuk kebaikan kita semua dengan menyadarkan kita agar kita tidak cepat terserang penyakit,  juga terhindar dari kematian dini. Akibat perkembangan zaman, kita melupakan untuk makan makanan yang sehat dan lebih sering makan makanan yang tidak sehat yang kita sukai.
     Makanan sehat adalah makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh, dan harus memiliki beberapa syarat, seperti higienis, bergizi, dan berkecukupan, tetapi tidak harus makanan yang mahal dan enak. Selain persyaratan yang disebutkan, makanan sehat juga dipengaruhi oleh cara memasaknya,  suhu makanan saat penyajian, dan bahan makanan yang mudah dicerna. Yang dimaksud dengan makanan higienis adalah makanan yang tidak terkena kuman atau zat yang dapat mengganggu kesehatan. Lalu, yang dimaksud makanan bergizi adalah makanan yang memiliki jumlah kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang cukup untuk tubuh. Selain itu, yang dimaksud makanan yang berkecukupan adalah makanan yang sesuai dengan kebutuhan berdasarkan usia dan kondisi tubuh. 
     Dari ketiga syarat tersebut, tidak semuanya terpenuhi oleh makanan yang sering kita makan pada zaman ini. Banyak dari kita lebih memilih makanan junk food / makanan siap saji dan Instan yang dapat menimbulkan banyak penyakit, seperti kanker. Sebagian dari kita juga sering lupa untuk minum 8 liter air mineral dalam sehari, sehingga sering sekali bibir kita kering dan pecah-pecah, juga sariawan. Satu hal lagi yang paling penting adalah buah dan sayuran. Buah dan sayuran sangat penting untuk kesehatan tubuh kita,  seperti untuk melancarkan pencernaan, memberikan zat besi pada tulang, mencegah penyakit kanker dan jantung koroner,  juga sumber utama antioksidan sehingga mampu mengatasi radikal bebas yang terjadi di dalam tubuh akibat polusi lingkungan. Pada makanan sehat juga dikenal 4 sehat 5 sempurna yang sudah kita ketahui dari SD hingga sekarang. 
     Dalam konsep 4 sehat 5 sempurna, makanan dibagi atas empat sumber nutrisi penting, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu bila mampu, menjadi lima sempurna. Konsep ini menekankan pentingnya empat golongan makanan berupa sumber kalori untuk tenaga, protein untuk pembangun, sayur dan buah sumber vitamin dan mineral untuk pemeliharaan. Di saat kebutuhan tubuh kita tidak terpenuhi juga pola makan yang tidak sehat, maka sering kali kita mengalami berberapa penyakit berikut,  seperti diare,  obesitas atau kegemukan, alergi, penyakit ginjal, penyakit jantung dan stroke, juga hipertensi. Maka dari itu, ayo kita mulai makan makanan yang sehat untuk masa depan yang sehat.
     Kita semua pasti ingin sehat,  tetapi kita tidak sadar bahwa yang sering kita makan dan minum adalah makanan yang belum tentu memenuhi ketiga syarat makanan sehat. Makanan sehat memiliki syarat seperti bergizi, higienis, dan berkecukupan. Dengan makanan gizi seimbang, bebas dari kotoran/kuman, dan dengan porsi sesuai dengan usia dan kondisi kita, maka kita tidak akan cepat terserang penyakit apa pun. Banyak sekali kasus kematian dini yang dialami oleh pelajar pada zaman ini. Akibat dari bermacam macam makanan yang menarik juga tidak sehat yang selalu menjadi hits anak anak sekarang. Dari hal itu juga kita dapat mengetahui bahwa makan makanan yang sehat berarti kita juga menyayangi tubuh kita seperti kita juga mencintai ciptaan Tuhan.
     Semoga dengan ceramah ini, kita semua sadar akan pentingnya makanan yang sehat bagi tubuh kita. Mohon maaf jika ada beberapa kesalahan kata ataupun menyinggung perasaan teman-teman. Sekian dari saya,  saya ucapkan terimakasih. 
Rumondang Theresia. J
XI MIPA 1



Komentar

Postingan Populer