CONTOH CERAMAH TENTANG SDA

Pentingnya Sumber Daya Alam

Selamat siang, puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan karena telah mengumpulkan kita di sini. Terima kasih juga kepada hadirin yang telah hadir sekarang. Saya di sini ingin menyampaikan betapa pentingnya sumber daya alam yang kita miliki untuk kehidupan kita.

Pertama, apa sih sumber daya alam itu? Sumber daya alam adalah alam dengan segala isinya yang diperlukan untuk mendukung kebutuhan manusia demi kelangsungan hidupnya. Sumber daya alam biotik maupun abiotik digunakan semuanya oleh manusia. Sumber daya alam dapat digunakan selain untuk memenuhi kebutuhan manusia, juga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup manusia.

Di Indonesia sendiri telah ditegaskan dalam UUD 1945 pasal 33 ayat 3 “bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan diperlukan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.Pasal ini menjelaskan bahwa kesejahteraan rakyat menjadi prioritas utama. Indonesia sendiri dilambangkan dengan istilah “ zamrud khatulistiwa.”  Istilah ini mengartikan bahwa Indonesia memiliki tanah yang subur dan tak ternilai harganya sehingga perlu kita jaga dengan baik.
Hasil gambar untuk sumber daya alam

Dalam agama juga dijelaskan bahwa Tuhan menciptakan isi bumi untuk kesejahteraan manusia. Seperti dalam Kejadian 1:26 yang dikatakan bahwa alam dengan segala isinya yang diciptakan Allah dan oleh Allah dikuasakan pengelolaannya kepada manusia sebagai citra Allah. Selain itu dalam surat Al Baqarah 164 dijelaskan bahwa Allah menciptakan langit, bumi dan seisinya untuk mendatangkan manfaat bagi manusia.

Tetapi kenyataannya, bukannya dikelola secara baik demi kesejahteraan, tetapi justru disalahgunakan oleh manusia, untuk memuaskan kerakusannya dengan mencari keuntungan pribadi  sebanyak-banyaknya. Kita sebenarnya sudah memiliki kepekaan dan kesadaran bahwa sumber daya alam itu sangat penting untuk kelangsungan hidup, namun kesadaran itu sering tidak kita pedulikan. Contoh sederhananya kita masih sering membuang sampah sembarangan, seperti di kolong meja, jendela kelas, dan bahkan di tas teman.

Segala perbuatan yang merusak sumber daya alam sangat bertentangan dengan maksud Tuhan menciptakan alam dan seisinya. Manusia tidak berhak untuk mempergunakan sumber daya alam secara bebas dan sekehendak hati. Seperti pada Ulangan 24:19-22 yang isinya mengingatkan manusia bahwa manusia tidak boleh menguras alam secara semena-mena. Selain itu pada upacara Tumpek Kandang atau Tumpek Uduh yang mewajibkan umat Hindu mengadakan upacara tersebut agar tumbuh-tumbuhan hidup subur dan hewan selalu sehat, yang terkandung pengertian bahwa orang tidak boleh semena-mena menebang kayu dan membunuh hewan, sebab perbuatan tersebut akan merugikan manusia itu sendiri.

Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam UUD 1945 dan ajaran agama dijelaskan bahwa sumber daya alam yang berlimpah dipergunakan untuk kesejahteraan manusia, maka kita harus bersyukur dan menjaga dengan baik sumber daya alam yang kita miliki. Saya berharap sumber daya alam tidak lagi dipandang sebagai figuran belaka, tetapi dipahami sebagai komponen yang sangat penting untuk mendukung proses pembangunan dari generasi ke generasi sebagai pembangunan yang berkelanjutan. Terima kasih atas perhatiannya, mohon maaf bila ada salah kata.
Selamat siang.



Katarina Putri

Komentar

Postingan Populer