CARA MERAIH KESUKSESAN

CARA MERAIH KESUKSESAN

Nama : Putri Dwi Pradani
Kelas  : XI MIPA 1

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh...
     Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat, berkah, serta perlindunganNya. Terima kasih telah memberikan waktu bagi saya untuk menyampaikan sebuah ceramah. Kepada yang yang terhormat Ibu sa'diyah selaku guru Bahasa Indonesia serta teman-temanku yang berbahagia.
     Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan ceramah tentang cara meraih kesuksesan. Sukses adalah kemampuan untuk menjalani hidup sesuai dengan keinginan, melakukan apa yang paling dinikmati, dikelilingi oleh orang-orang yang disenangi dan dihormati. Kebanyakan orang yang menganggap pengertian sukses sebagai pada saat kita wisuda, pada saat naik jabatan, atau pada saat menerima penobatan sebagai orang teladan, orang terpandai atau sejenisnya. Sukses bukan dalam pengertian seperti itu. Sukses itu bukan suatu tujuan akhir dengan kualitas seadanya dan menghalalkan segala cara untuk mencapainya, tetapi sebagai suatu proses yang harus di lakukan setahap demi setahap, dan hari demi hari , bahkan menit demi menit itulah maksud dari kesuksesan. Bentuk kemampuan dasar yang harus ditanamkan pada diri yaitu percaya diri, kemampuan bekerjasama dengan orang lain, pekerja keras, optimis, tidak takut gagal, tidak takut bersaing, dan mampu beradaptasi. Hal paling utama yang harus dimilki yaitu mampu beradaptasi dengan lingkungan. Karena jika mampu memilki sifat dan sikap diatas tetapi tidak bisa beraptasi dengan lingkungan, semuanya akan sia-sia saja.
     Kesuksesan merupakan hal yang harus diperjuangkan, yaitu dengan cara sebagai berikut.
1. Spritual
Sebagai manusia yang menjadi ciptaan Tuhan, tentu seluruh manusia diwajibkan untuk taat beribadah kepada Tuhannya sesuai dengan kepercayaan agama yang dianutnya. Misalnya dalam islam diwajibkan untuk menunaikan salat, berpuasa, membayar zakat dan berhaji jika mampu. Jika seseorang telah taat melakukan kewajibannya, orang tersebut bisa dikatakan telah sukses secara spiritual. Allah SWT.  berfirman dalam Q.S. Al-Hajj (22):77
 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ارْكَعُوا وَاسْجُدُوا وَاعْبُدُوا رَبَّكُمْ وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ 
Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, ruku'lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.”

2. Finansial
Berbicara mengenai finansial, tentu berhubungan dengan harta dam kekayaan. Meskipun uang bukan segala-galanya, tetapi seluruh orang membutuhkannya untuk memenuhi kebutuhan. Sukses secara finansial dapat And alihat dari karir cemerlang, rumah mewah, mobil mewah, memiliki tabungan masa depan dan lain sebagainya.

3. Keluarga
Sukses yang paling penting yaitu sukses dalam keluarga. Semua orang tentu menginginkan keluarga yang bahagia dan harmonis. Sukses dalam keluarga misalnya rumah tangga yang dihadapi berjalan harmonis tanpa ada keribuatan yang besar, memiliki anak yang berbakti dan soleh solehah, rukun terhadap tetangga dan lain sebagainya.

4. Kesehatan
Sukses yang keempat yaitu sukses secara kesehatan. Sekaya apapun seseorang, jika mengalami sakit tentu semuanya terasa tidak enak. Jadi, sukses dalam kesehatan tentu menjadi hal yang penting. Untuk memperoleh kesehatan ini, Anda bisa melakukan dengan berolah raga teraatur, menjaga pola makan, beristirahat yang cukup, berpikir positif dan sesekali berlibur untuk menenangkan pikiran.

5. Sosial
Sukses yang terakhir yaitu sukses dalam hal sosial. Dengan hakikat manusai yang tidak bisa hidup sendirian, tentu sosial menjadi hal yang harus disesuaikan dengan baik. Sukses sosial dapat Anda bangun mengikuti kegiatan sosial yang ada di lingkungan, berteman dengan orang banyak, bekerjasama dengan rekan kerja, dan lain-lain. 
     Selain ada lima kesuksesan yang harus diperjuangkan. Adapun cara untuk meraih kesuksesan, antara lain : 
1. Yakin pada diri sendiri
2. Melatih Rasa Percaya Diri
3. Hapus Pikiran Negatif
4. Berani untuk Sukses
5. Belajar dari Kesalahan
6. Memiliki Harapan
7. Fokus pada Tujuan
8. Mencintai proses
9. Berani Bertindak
10. Jujur dalam Bertindak
     Selain itu, pendidikan juga dapat menjadi penentu kesuksesan dari seseorang. Hal ini menurut data statistik antara negara maju dengan negara berkembang. Negara-negara maju memiliki persentase sarjana yang lebih tinggi ketimbang negara berkembang. Indonesia merupakan negara berkembang yang berdasar Pancasila dan UUD 1945 maka dari itu menurut Pasal 31 ayat (1) yang berbunyi "setiap warga negara berhak mendapat pendidikan." Pasal ini menjelaskan bahwa warga negara di Indonesia mempunyai hak untuk mendapat pendidikan, yaitu diberikan hak untuk mengenyam pendidikan dari tingkat dasar sampai tingkat tinggi, karena hal ini sesuai dengan tujuan negara Indonesia yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, salah satunya dengan diberi pendidikan.
     Demikianlah apa yang saya sampaikan mengenai cara atau usaha untuk meraih kesuksesan. Jadi makna dari sukses itu tidak selalu naik jabatan ataupun mendapat kejuaraan. Namun, sukses adalah kemampuan untuk menjalani hidup sesuai dengan keinginan, melakukan apa yang paling dinikmati, dikelilingi oleh orang-orang yang disenangi dan dihormati. Semoga kita dapat meraih kesuksesan dengan cara-cara yang diberkahi oleh Tuhan. Aamiin..
Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat. Mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan.
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.





Komentar

  1. Haji Wilhelm Daendels4 Oktober 2018 pukul 07.48

    Artikel jang bagus.Beginilah Cara saja membangun jalan raya anyer panarukan hanya dalam 1 tahun

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer