Bahaya Narkoba

VALERIE OLIVE SURYONO

XI MIPA 1



Yang terhormat Bapak / Ibu Guru
Yang saya banggakan teman – teman semua

Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua

Assalamualaikum wr. wb.

Pertama – tama marilah kita panjatkan segala puji syukur kita kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat-Nya kita masih dapat dipertemukan di ruangan ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan ceramah tentang "Bahaya Narkoba".

Hadirin sekalian, sebenarnya apa itu narkoba?

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Semua istilah ini, baik "narkoba" ataupun "napza", mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut UU Nomor 22 tahun 1997, narkoba adalah sejenis zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunan kesadaran, menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Pakar kesehatan mengatakan, narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini persepsi itu disalahartikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya.

Indonesia saat ini sedang darurat narkoba. Badan Narkotika Nasional (BNN) mencatat jumlah penyalahguna narkoba di Tanah Air mencapai 3,5 juta orang pada 2017. Hampir 1 juta orang di antaranya bahkan telah menjadi pecandu. Menurut data BNN, obat terlarang ini tidak lagi hanya beredar di kota besar. Daerah terpencil pun sudah ternodai oleh benda ilegal tersebut. Ribuan pemuda telah menyia-nyiakan hidup mereka karena menggunakan narkoba. Kebanyakan dari mereka merupakan korban dari lingkungan yang 'kejam', dari keluarga broken home, dari rasa keingin tahuan atau juga dari pergaulan yang bebas. 

Orang biasanya menggunakan obat-obatan terlarang untuk bersenang-senang atau melarikan diri dari tekanan hidup. Tetapi, yang tidak mereka ketahui adalah bahwa narkoba membawa banyak manfaat buruk. Seseorang yang kecanduan narkoba dapat mengalami gangguan sistem saraf. Penggunaan narkoba juga menimbulkan banyak penyakit. Orang yang kecanduan narkoba cenderung menarik diri dari pergaulannya, dia juga memiliki kemungkinan terkena penyakit jiwa dan yang paling parah, penggunaan narkoba secara berlebihan dapat menyebabkan kematian. Yang lebih mengkhawatirkan, dilaporkan bahwa sejumlah pedagang beroperasi di sekitar sekolah dengan menipu, memaksa atau memberi obat-obatan terlarang tersebut kepada para siswa disekitar sekolah. Apabila ini terus berlanjut, apa yang akan terjadi pada masa depan bangsa kita?

Penggunaan narkoba harus dihindari. Pertama, kita dapat memulai dengan mengelilingi diri kita dengan pertemanan yang sehat. Tertulis pada alkitab, bahwa kebiasaan yang baik dapat hancur karena pergaulan yang buruk. Maka dari itu, kita harus cermat dalam memilih teman. Kedua, melakukan hobi atau kegiatan yang kita suka, seperti menulis, membaca, juga merupakan salah satu cara agar tidak terjerumus kedalam narkoba. Ketiga, melakukan penyuluhan. Khususnya untuk kalangan pelajar. Karena pelajar, sebagai generasi muda, akan menjadi penerus bangsa kita. Dengan mengetahui bagaimana seriusnya konsekuensi dari menggunakan Narkoba, mudah-mudahan bisa menghindarkan kita dari jeratan narkoba. Terakhir, agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba marilah kita tingkatkan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa. Agama Islam mengajarkan kita untuk menjauhi hal-hal yang buruk, seperti pada penggalan surat Al-A'Rof ayat 157 yang berbunyi:


WA YUHARRIMU ‘ALAIHIM AL KHOBAITS


yang artinya "dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk."

Maka dari itu, marilah kita semua, mulai dari sekarang menjauhi narkoba. Mulailah berlomba-lomba meraih cita-cita yang tinggi agar kelak menjadi orang yang tidak merugi.

Sekian ceramah saya tentang bahaya narkoba. Mohon maaf  bila ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum wr.wb.

Komentar

Postingan Populer