APAKAH KADERISASI YANG KITA LAKUKAN SUDAH BENAR?


Kaderisasi Berorganisasi

Tubagus Zakie Faqihuddin



Assalamualaikum Wr.Wb
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ
              Yang saya hormati Ibu guru B.indonesia ibu Diah
              Beserta teman-teman 11 ipa 1 yang inshaallah bisa membanggakan orang tua, sekolah dan nusa dan bangsa
Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan kepada kita semua rahmat dan hidayah-Nya, tidak lupa juga shalawat dan salam semoga tetap terlimpah curahkan kepada nabi besar kita nabi Muhammad SAW yang semoga kita semuanya tetap istiqamah dijalan yang dimuliakannya.
Hadirin sekalian, pada kesempatan ini saya akan menyampaikan beberapa hal mengenai “Kaderisasi Berorganisasi”, dimana dua kata ini mungkin sudah cukup akrab kalian dengar bagi kalian yang pernah atau sampai sekarang menjadi aktifis di organisasi sekolah maupun luar sekolah atau bahkan dua kata tersebut masih asing di pikiran kalian terlebih mungkin tentang kaderisasi. Seperti yang kita tau, organisasi bisa disebut juga sebagai sekumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama. Banyak sekali macam-macam organisasi di sekitar kita mulai dari organisasi sosial, pendidikan, dan lain-lain. Bahkan, kelas dan sekolah kita juga bisa kita sebut sebagai organisasi. Sedangkan kaderisasi merupakan proses pendidikan yang dilakukan di dalam organisasi untuk menggali potensi para anggota atau pengurusnya. Kaderisasi biasanya mengacu pada pelaksanaan dan teknis dari pendidikan itu sendiri.
Organisasi dan kaderisasi merupakan dua kata yang sangat berhubungan. Kelangsungan kepengurusan dapat ditentukan dari bagaimana organisasi menerapkan sistem kaderisasi kepada para anggotanya. Masalah yang biasanya menjadi kendala dalam proses kaderasasi adalah kontra antara generasi penerus dan adat dalam kaderisasi. Organisasi sering kali menerapkan adat kaderisasinya berturut-turut kepada generasi dibawahnya. Padahal, ini yang perlu kita garis bawahi. Setiap generasi mempunyai potensi, kelemahan, kelebihan, dan karakter yang berbeda beda. Kita tidak bisa menerapkan sistem kaderisasi yang sama setiap saat. Kita perlu melakukan perombakan kaderisasi yang cocok untuk generasi penerus. Hal ini untuk menghindari respon tidak baik dari mereka. Akan tetapi, terkadang generasi diatas mereka enggan untuk mengubah adat kaderisasi tersebut, dan akhirnya generasi pendahulu menerapkan cara yang salah dalam mengkader anak didik mereka.
Efek dari salahnya proses kaderisasi bisa menimbulkan banyak masalah bagi organisasi itu sendiri, mulai dari anggota yang jarang berkontribusi untuk organisasi lagi, malas dalam menjalankan kegiatan yang berhubungan dengan generasi diatasnya, keluar dari organisasi tersebut bahkan efek jangka panjangnya yaitu terus berkurangnya anggota dan peminat dari tahun ke tahun. Efek lainnya, generasi diatas sering menyebut generasi dibawahnya sebagai generasi yang lemah dan tidak mempunyai jiwa organisasi seperti mereka. Padahal, jika kita menerapkan dan mencari tau apa sistem kaderisasi yang cocok, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Manfaat itu dapat berupa hubungan baik antara senior dan junior, tumbuh kerja sama, program-program berjalan lancar, dan masih banyak lagi.
Kaderisasi juga bukan hanya tentang pendidikan saja. Kaderisasi perlu adanya hubungan baik antara tiap-tiap anggota. Hal ini bertujuan agar komunikasi antar angggota berjalan dengan baik.  Oleh karena itu, ayo kita pelajari mana sistem kaderisasi yang cocok untuk generasi penerus kita agar organisasi disekitar kita terus maju dan terus memeberikan kontribusi bagi masyarakat, nusa, dan bangsa serta menumbuhkan kader-kader yang disiplin, bertanggung jawab, dan punya jiwa loyal bagi organisasi. Ingatlah yang dikatakan oleh Khalifah kita, Ali bin Abi Thalib “Jangan besarkan anakmu dengan cara orangtuamu membesarkanmu dulu, karena mereka lahir di zaman yang berbeda.”
Cukup sekian yang bisa saya sampaikan tentang kaderisasi bergorganisasi. Apabila ada salah kata mohon dimaafkan. Terima kasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb

Komentar

Postingan Populer