Pentingnya Menghargai Waktu

PENTINGNYA MENGHARGAI WAKTU 



Nama : Shaafiiana Samaawaati
Kelas : XI MIPA 1

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabaarakaatuh

     Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT., yang telah memberikan karunia-Nya sehingga kita diberikan kesehatan dan dapat berkumpul dalam kesempatan kali ini. Shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW., yang telah membawa kita dari zaman kegelapan ke zaman terang-benderang. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Diyah dan teman-teman yang telah hadir dan memberikan saya kesempatan untuk membahas tentang “Pentingnya Menghargai Waktu”.
Waktu adalah hal berharga bagi kehidupan kita. Waktu identik dengan kehidupan karena waktu berjalan beriringan dengan kehidupan. Jika kita menyia-nyiakan waktu yang dimiliki, maka itu sama saja menyia-nyiakan kehidupan kita. Banyak orang di dunia ini yang sering menyia-nyiakan waktunya dan mereka ini disebut orang-orang yang merugi. Hal ini dijelaskan di dalam Al-Qur’an, Surah al-Ashr ayat 1 sampai 3 yang berbunyi:
 وَالْعَصْرِ ﴿١﴾ إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ ﴿٢﴾ إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ ﴿٣﴾
“(1) Demi masa. (2) Sungguh, manusia berada dalam kerugian. (3) Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran.”
Tanpa kita sadari, kita telah menyia-nyiakan waktu yang kita miliki. Contoh sederhananya dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah. Kita sering kali menunda tugas tersebut untuk dikerjakan satu hari sebelum tugas dikumpulkan. Padahal kita tidak tahu apakah kedepannya ada tugas lain atau ulangan di hari itu juga. Pada saat itulah kita menyesal karena tidak mengerjakan tugas lebih dulu. Hal ini yang menyebabkan waktu sangat berharga karena ketika kita melakukan kesalahan, kita tidak bisa mengulang waktu kembali. Bahkan ada ungkapan yang menyebutkan bahwa “Time is money” atau “Waktu adalah uang”. Tentu kalian sering mendengar ungkapan ini. Maksud dari ungkapan tersebut menunjukan bahwa waktu adalah hal yang sangat berharga dan bernilai mahal. Seperti halnya uang yang tiap lembarnya begitu penting, waktu pun begitu. Bedanya, jika uang kita habis, kita bisa mencarinya lagi. Akan tetapi, jika kita kehabisan waktu maka kita tidak bisa mengulanginya lagi.
Menghargai waktu dapat kita lakukan dengan cara memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Contohnya, dengan rajin melaksanakan ibadah, melakukan kegiatan yang bermanfaat, tidak menunda pekerjaan, dan menyiapkan rencana kegiatan. Imam Syafi’i pernah mengatakan bahwa, “Waktu ibarat pedang, jika engkau tidak menebasnya maka ialah yang akan menebasmu”.  Arti dari kalimat ini adalah apabila kita tidak dapat memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan baik, maka waktu akan menyerang kita dengan membuat kita menyesal di akhir nanti.
Hadirin yang berbahagia, kita telah mengetahui betapa pentingnya waktu bagi kehidupan kita. Waktu yang tidak bisa diulang kembali membuat kita senantiasa memanfaatkan waktu kita sebaik mungkin. Apabila kita melalaikan waktu kita, maka nantinya kita akan menyesalinya. Penyesalan memang selalu datang di akhir. Oleh sebab itu, marilah kita menghargai waktu yang kita miliki agar kelak kita tidak akan merugi.
Sekian hal yang dapat saya sampaikan. Semoga kita senantiasa menjadi orang yang menghargai waktu yang kita miliki. Mohon maaf apabila saya ada kesalahan. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Komentar

Postingan Populer