Pentingnya Penerapan Nilai - Nilai Kemanusiaan Bagi Kehidupan


Nama : Yolanda Patricia
Kelas : 11 MIPA 1



Selamat Pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati Bu Diah dan teman - teman yang saya banggakan.
Pertama - tama, marilah kita panjatkan puji syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala berkat dan karuniaNya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan baik dan sehat.

Ibu guru dan teman - teman sekalian,
Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pentingnya penerapan nilai kemanusiaan bagi kehidupan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa dewasa ini, semakin terasa lunturnya nilai kemanusiaan dalam kehidupan baik sehari - hari maupun dalam berbangsa dan bernegara contohnya perang yang hingga kini masih terjadi di beberapa negara di dunia.

Kemanusiaan menurut KBBI berarti sifat - sifat manusia,  secara manusia, dan sebagai manusia yang jika kita artikan secara umum adalah perasaan atau sifat yang dimiliki oleh setiap manusia yang berupa hak atau segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia.

Dengan kita menerapkan nilai - nilai kemanusiaan di kehidupan kita, maka perdamaian dan kesejahteraan pun akan tercipta.
Hal - hal kecil tentang kemanusiaan dapat dipupuk sejak dini seperti bagaimana cara kita bergaul dengan orang tanpa membedakan fisik dan dapat menghargai hak orang lain tanpa harus melanggarnya.

Penerapan nilai - nilai kemanusiaan bagi kehidupan sangatlah penting seperti yang telah dikatakan dalam Injil Ibrani 10:24 yang berkata "Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik" dan dalam 1 Korintus 13:1 yang berkata "Sekalipun aku dapat berkata - kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing".

Dari kutipan di atas bisa kita simpulkan bahwa rasa kemanusiaan timbul dari kasih kita terhadap sesama.

Oleh karena itu, sebagai siswa - siswi yang beradab, marilah kita melakukan intropeksi diri. Sudahkan kita menjunjung tinggi nilai - nilai kemanusiaan di kehidupan kita sehari - hari? Maka dari itu mari kita mencoba untuk saling menghargai dan menghormati sebagai wujud penerapan dari nilai - nilai kemanusiaan.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga tiap kata yang saya sampaikan pada kesempatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Mohon maaf jika ada salah kata baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja, Terima kasih.

Komentar

Postingan Populer