BERIKUT FENOMENA ANEH DI KELAS XI MIPA 1 (ISINYA BIKIN MERINDING)



TEKS CERAMAH “ PENTINGNYA MENJAGA LINGKUNGAN SEKOLAH”





Assalaamu ‘Alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh



Pertama-tama marilah kita sampaikan rasa puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang tak henti-hentinya telah memberikan hidayah dan nikmatnya sehingga kita semua dapat berkumpul dalam ruangan ini tanpa halangan sedikitpun dan dalam kondisi sehat walafiat. Tak lupa marilah kita sanjungkan shalawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita ke luar dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang saat ini. Semoga kita menerima syafaatnya pada yaumil akhir kelak amin.

Yang terhormat Ibu Diyah

Dan teman-teman sekalian yang sudah hadir



Sebelumnya apakah kalian sudah mengenal saya? Ada pepatah yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Oleh karena itu, perkenalkanlah saya adalah Vito Rayhansyah. Saya biasa dipanggil Vito dan merupakan siswa dari kelas XI MIPA 1. Disini saya ingin berceramah mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekolah.

Hadirin yang berbahagia,

Marilah kita melihat sejenak terhadap lingkungan di sekitar! Tidak usah jauh-jauh, cukup yang berada di lingkungan kelas ini. Sampah berserakkan dimana-mana dan lantai yang kotor dapat kita temukan di kelas ini. Selain itu, debu-debu yang bertebaran di udarapun dapat kita temukan juga. Apakah kalian tidak malu dengan lingkungan yang kotor ini? Lingkungan yang kotor seperti ini dapat berdampak buruk pada kalian terutama pada kesehatan kalian. Tidak hanya berdampak pada kesehatan saja, lingkungan kotor dapat membuat kelas kita ridak rapih dan dihuni oleh kecoa dan tikus. Apakah kalian mau? Perlu kita ketahui, bahwa binatang inilah yang dapat memindahkan beberapa mikro organisme patogen antara lain, Streptococcus sp., Salmonella sp., dan lain-lain sehingga mereka berperan dalam penyebaran penyakit antara lain, disentri, diare, cholera, virus hepatitis A, ISPA, dan lain-lain. Apakah di antara kalian pernah mengalami penyakit ini? Jika iya, mungkin lingkungan yang kotor merupakan salah satu penyebabnya.



Selain itu, perlu kita ketahui bahwa debu yang bertebaran juga dapat menyebabkan penyakit, seperti influenza (flu), batuk, dan lain-lain. Ternyata lingkungan yang kotor sangat berdampak buruk bagi kita, betul tidak? Lalu bagaimana caranya untuk menjaga lingkungan yang kotor? Tentu sangat mudah, caranya adalah dengan memulai merawat diri sendiri. Merawat diri sendiri? Iya, merawat diri sendiri. Dengan membersihkan meja, merapihkan kursi, mencuci tangan, dan tidak membuang sampah sembarangan, kita dapat merawat lingkungan. Bayangkan, jika semua siswa disini dapat merawat diri sendiri, maka kelas kita akan tidak bersih. Tidak akan terlihat kotor dengan adanya botol air di kolong meja. Selain itu, kita dapat mengepel kelas dan membersihkan jendela seminggu sekali. Ketika saya kecil, saya pernah mendengar hadis ini ”an-nazhaafatu minal iimaan” yang berarti kebersihan adalah sebagian dari iman. Jadi merawat lingkungan adalah salah satu bentuk implementasi dari beriman. Demikian pidato saya, atas kesalahan saya dalam pidato tolong dimaafkan, karena kita adalah makhluk Allah yang tidak luput kesalahan. Wabillahi Taufik Walhidayah Wassalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh.





VITO RAYHANSYAH
KELAS XI MIPA 1





Komentar

Postingan Populer