LUAR BIASA JIKA HAL INI DITERAPKAN INDONESIA BISA MENJADI NO 1 DUNIA


PENDIDKAN INDONESIA

NAMA : IQBAL BAIHAKI
KELAS : XI MIPA 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Petir bukan sembarang petir

Petir menyambar rumah si Farhan

Terima kasih yang sudah hadir

Mari kita ucapkan puji syukur kepada Tuhan

Puji dan syukur saya limpahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat, serta nikmat kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul pada hari ini. Tidak lupa shalawat serta salam saya curahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW., beserta para sahabatnya. Rasa terima kasih saya berikan kepada hadirin yang telah rela menyisihkan waktunya untuk mendengar ceramah saya pada hari ini. Demikian pula, rasa terimakasih saya berikan kepada Ibu Diyah selaku guru bimbingan Bahasa Indonesia XI MIPA 1.

Perkembangan adalah suatu perubahan yang terjadi pada aspek tertentu, sedangkan zaman adalah keterangan waktu yang menandai sesuatu dalam jangka waktu tertentu. Perkembangan zaman diartikan sebagai bentuk perubahan baik dalam segi teknologi dan yang lainnya pada jangka waktu tertentu.

Perkembangan zaman berjalan begitu cepat, rasanya detik-detik yang berlalu beserta semua hal yang kita tinggalkan sudah berubah begitu saja. Dari yang awalnya kita mengenal surat sebagai alat komunikasi tidak langsung, lalu sekarang kita mengenal gadget pintar yang memudahkan kita untuk mengakses informasi. Dari yang awalnya kita datang dan pergi dengan kaki, lalu berubah dengan menggunakan roda dan besi. Kemudian, dari yang awalnya kita menggores dan mengukir di batu, sampai kita yang akhirnya menggores dan menulis di kertas. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyaknya pembaruan pada ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang. Tapi, berkenaan dengan hal itu Apakah pendidikan kita sudah berkembang layaknya zaman itu sendiri?.

Tonggak awal pendidikan Indonesia diawali dengan adanya trilogi Van Deventer pada masa politik etis Belanda di Nusantara. Kemudian, berlanjut setelah masa kemerdekaan sampai masa orde baru. Pada masa orde baru ini, sistem pendidikan selalu berubah sesuai dengan jangka waktu program lima tahun oleh  Presiden Soeharto. Syarat kelulusan siswa di sekolah pada masa itu adalah ujian nasional. Akibatnya, banyak siswa yang putus asa karena tidak lulus dan memilih jalan menghilangkan nyawa daripada harus menahan malu. Banyak korban yang berjatuhan dari hal itu. Pendidikan yang seharusnya menjadi sarana untuk memproduksi bibit unggul untuk pembangunan bangsa malah menjadi sarana menghilangkan nyawa orang. Begitu pula kasus korupsi yang terjadi di salah satu sekolah di Kota Solo. Di mana ada oknum-oknum guru yang menyalahgunakan sarana pendidikan untuk meraup keuntuntungan. Untungnya, hal tersebut ditindak oleh para murid yang rela menghabiskan waktunya untuk menegakkan kebenaran.

Perkembangan pendidikan Indonesia terus berlanjut. Terpilihnya Anies Baswedan sebagai menteri pendidikan menjadi revolusi awal pendidikan Indonesia. Ujian nasional tidak lagi dijadikan sebagai patokan kelulusan siswa. Anies menerapkan suatu program pendidikan yang berdasar pada interaksi sosial dan kerja sama, tetapi pendidikan menghadapi permasalahan dalam bentuk sistemnya. Penerapan kurikulum dengan dasar mencoba malah menjadi tidak efektif dan menimbulkan kesetimpangan pendidikan. Berbeda dengan Finlandia yaitu salah satu Negara dengan sistem pendidikan terbaik. Di mana negara tersebut menerapkan sistem yang meningkatkan daya kreatifitas anak dan mengedepankan kepada kerja sama dan kolaborasi daripada persaingan dan perlombaan. Dengan mata pelajaran yang sedikit dan disesuaikan dengan minat anak, negara ini berhasil menjadi yang terbaik. Berbeda dengan Indonesia yang memaksakan para muridnya untuk cepat dalam memahami materi dan berganti ke mapel lain. Namun, Indonesia dengan para generasinya tidak tinggal diam. Berbagai solusi dilakukan walau tanpa ada campur tangan pemerintah. Isman Usman yaitu pendiri dari Aplikasi Ruang Guru menjadi revolusioner pendidikan di Indonesia. Ia memberikan akses yang luas bagi seluruh orang dengan memberikan kesempatan belajar sesuai minat melalui media online. Kemudian, banyak pelopor lain bukan hanya Isman Usman sebagai revolusioner pendidikan bangsa.

Walaupun perkembangan pendidikan bangsa ini masih jauh dari kata baik. Setidaknya, Negara Indonesia sudah berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. Perkembangan pendidikan sudah menunjukkan perubahan yang positif. Pemerintah sebagai penyelaras aspirasi bangsa harus melaksakan janji konstitusinya seperti yang tertulis dalam UUD Pasal 31 ayat 1 yang menyebutkan " Tiap-tiap  warga Negara berhak mendapatkan pengajaran". Kita juga sebagai unsur subjektif dalam negara juga harus berjuang demi kualitas pendidikan yang maju dan mengganti anggapan jika pendidikan bukanlah hal yang penting. Saya berharap kita semua bisa menjadi teladan untuk generasi di bawah kita dan menjadi revolusioner pendidikan bangsa ke arah yang baik.

Demikian ceramah saya, kurang lebihnya mohon maaf, Wassalammualaikum Warahmatullahiwabarakatuh.

Komentar

Postingan Populer