Nama : Najma Fauziah
Kelas : XI MIPA 1

Cara Menghadapi Masalah

       Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh
       Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.
       Hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.
       Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk memberikan informasi dan mengajak kepada hadirin sekalian, khususnya teman-teman perihal " Menghadapi Masalah". Semoga melalui perantara ceramah singkat ini kita semua bisa menjadi orang-orang yang lebih tangguh lagi dalam menghadapi masalah.

Hadirin yang berbahagia,
       Masalah, cobaan, tantangan, dan rintangan itu pasti akan kita hadapi dalam hidup kita. Bahkan, tidak ada hari yang kita lewati tanpa cobaan. Cobaan-cobaan tersebut bisa berupa ulangan, tugas dan masih banyak lagi. Kita tidak bisa terus menghindar dari masalah karena masalah itu akan terus datang. Maka dari itu kita harus menghadapinya.
       Menghadapi masalah itu memang tidak mudah, tetapi jika kita dapat menghadapi dan melewatinya. Masalah itu akan berbuah pahala dan juga akan mengangkat derajat kita. Masalah itu harus kita hadapi dengan lapang dada dan sabar. Dengan begitu, masalah itu justru bisa kita artikan sebagai anugerah dan bukan sebagai masalah. Karena dengan masalah yang telah kita dapatkan itu menjadi sebab kebahagiaan kita di dunia dan akhirat. Maka dari itu, janganlah kita mengeluh dan berputus asa, sebab cobaan itu adalah bukti kecintaan Allah terhadap hambanya dan Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan hambanya seperti seperti yang dicantumkan pada surah Albaqarah ayat 286, yang berbunyi:
                                     “... لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا
Artinya : “
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ...”
       Jadi, dalam menghadapi masalah kita harus menghadapinya dengan sabar dan lapang dada. Hadapi semua cobaan yang menghampiri dengan semangat dan tidak putus asa karena Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan hambanya. Setelah kita melewati masalah itu kita akan dinaikkan derajatnya dan mendapatkan pahala.
       Sekian ceramah yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf atas kekurangannya. Terima kasih. 
Wassalamualaikum Warrahmmatullahi Wabarakatuh.
 
 

Komentar

Postingan Populer