PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN BIJAK


 PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN BIJAK

Assalaamualaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. Pertama – tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kekuatan dan kesehatan pada kita sehingga dapat berkumpul saat ini. Terima kasih kepada Bu Diyah dan teman-teman yang telah memberikan saya waktu dan kesempatan sehingga saya dapat memberikan ceramah ini. Pada kesempatan ini saya ingin membahas tentang penggunaan media sosial dengan bijak. 

Perlu diketahui, pada zaman era millenial ini banyak sekali pengguna media sosial yang terpengaruh oleh kabar berita yang tidak diketahui sumber informasinya. Yang kita ketahui dengan sebutan hoaks. Hoaks pada saat ini sangat membuat resah, baik untuk orang tua maupun remaja. Hoaks dapat memberikan pemahaman-pemahaman yang berujung kepada pemikiran-pemikiran radikal. Sehingga, berdampak kepada generasi penerus bangsa.

Oleh karena itu, harus ada pengawasan baik dari pemerintah maupun orang tua. Jika, sosial media digunakan untuk hal negatif secara terus menerus maka akan berdampak buruk bagi remaja sebagai penerus bangsa. Tidak hanya hoaks , bullying pun sudah masuk kedalam pengguna media sosial yang berdampak psikis bagi anak-anak. Islam melarang keras dan tidak menganjurkan perilaku bullying  sebagaimana penjelasan dalam arti Q.S Al- hujurat ayat 11:
‘’ Hai orang-orang yang beriman,  janganlah sekumpulan laki-laki ataupun perempuan merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dibanding mereka.’’

Dibandingkan digunakan untuk hal negatif dan bullying. Sosial media dapat digunakan untuk mendapatkan informasi secara langsung dan cepat. Sosial media juga dapat digunakkan untuk hal positif seperti, membuka usaha online, membuat komunitas sains, dan masih banyak lagi.

Dengan demikian, mari kita sama-sama memberikan edukasi kepada orang tua maupun remaja seperti kita dalam hal penggunaan media sosial dengan bijak. Akhir kata, mohon maafkan apabila ada kesalahan kata yang tidak enak untuk di dengar. Wabillahi Taufik Walhidayah Wassalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh.


SHABILA MAHA DEWI
KELAS XI MIPA 1

Komentar

Postingan Populer