KEBAKARAN PALM HILLS

Muhammad Rasyid Dhiaulhaq
Tengku Riyanti Wulandari
Valerie Olive Suryono

KEBAKARAN PALM HILLS


Kebakaran adalah suatu peristiwa oksidasi bertemunya tiga unsur (bahan bakar, oksigen dan panas) yang berakibat menimbulkan kerugian harta benda atau cedera bahkan sampai kematian. Untuk mengatakan keberadaan api sebagai kebakaran, diperlukan kondisi atau persyaratan khusus. Api baru bias dikategorikan sebagai kebakaran apabila berlangsung atau erjadi pada situasi, waktu, dan lokasi yang tidak di kehendaki.

Kebakaran ini terjadi pada malam hari di kawasan perumahan Palm Hills Estate. Palm Hills Estate adalah perumahan yang terletak di Cilegon, Banten yang merupakan kawasan perbukitan. Tempat terjadi kebakaran berada kurang lebih 100m dari gerbang masuk utama, tepatnya di sekitar Cluster Flamboyan.

Daerah ini sudah menjadi sorotan publik karena terkenal denga tingkat erosi lahan juga kekeringan yang tinggi. Dibandingkan dengan kebakaran yang terjadi pada salah satu toko material di Tangerang Selatan, kebakaran yang terjadi di Palm Hills Estate disebabkan karena faktor alam yang didukung aktivitas manusia, sedangkan kebakaran di toko material tersebut terjadi hanya karena keteledoran sang penjaga toko. Selain itu, kejadian ini lebih dekat dengan pemukiman sehingga akan sangat berbahaya apabila api tersebut sampai ke salah satu rumah warga.


Pada umumnya, kebakaran disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu faktor alam dan faktor manusia. Pada kasus kali ini, dua faktor tersebut berperan penting dalam memicu kebakaran di Palm Hills Estate. Faktor alam seperti kemarau yang sedang berlangsung berpotensi memicu terjadinya kebakaran. Menurut Dr. Paimin Napitupulu dan Biatna Dulbert, kemarau dapat meningkatkan temperatur lingkungan, terutama pada ranting-ranting dan rumput kering. Apabila ranting-ranting dan rumput kering ini mengalami gesekan karena tiupan angin, akibatnya tercipta percikan api dan selanjutnya memicu terjadinya kebakaran.

Sekalipun alam berperan dalam memicu kebakaran, sebagian besar peristiwa kebakaran timbul karena tindakan manusia. Seperti kebakaran yang terjadi di Palm Hills Estate ini terjadi karena manusia yang menggundulkan hutan. Dengan ditebangnya pohon-pohon di Palm Hills Estate menyebabkan keadaan tempat ini yang kering dan gersang. Karena itu, kebakaran terjadi di Palm Hills Estate ini.

Kebakaran yang terjadi di Palm Hills Estate merupakan suatu musibah yang terjadi karena kelalaian manusia yang didukung oleh faktor alam. Asap yang disebabkan oleh api tersebut menimbulkan polusi udara, sehingga banyak sekali warga setempat yang merasa resag karena khawatir akan kesehatan mereka. Kegiatan sehari-hari seerti membersihkan halaman dan menjemur baju juga terhambat karena abu yang dihasilkan dari kebakaran ini.

Kebakaran terjadi ada situasi, waktu, dan lokasi yang tidak dikehendaki. Seperti kasus kali ini, kebakaran terjadi di malam hari di kawasan perumahan Palm Hills Estate. Kebakaran ini terjadi karena faktor alam yang didukung dengan aktivitas manusia itu sendiri. Tidaklah mengherankan jika kebakaran ini membawa bencana bagi masyarakat Palm Hills Estate.

Alangkah baiknya jika masyarakat sadar akan perbuatannya. Tindakan-tindakan seperti penggundulan hutan dan pembukaan lahan haruslah dipidana karena tindakan tersebut membawa bencana yang tidak dikehendaki. Seharusnya baik pemerintah maupun masyarakar sama-sama menggandeng tangan untuk membuat kawasan Palm Hills Estate kembali lestari.

Komentar

Postingan Populer