Teks ceramah singkat mengenai ikhlas

Selamat Datang di Blog XI Mipa 1 SMANSA SERANG 2018.......

Nama  : Farhanuddin Deswantara
Kelas   : X MIPA 1

IKHLAS



Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.
Hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt. karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat. Sebelum memulai ceramah kali ini, saya ingin berterima kasih kepada hadirin yang telah bersedia mendengarkan saya. Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk sedikit memberikan informasi mengenai ikhlas dan mengajak kepada hadirin sekalian untuk menerapkan sikap ikhlas ini dalam kehidupan sehari-hari.

Hadirin yang berbahagia, apa itu ikhlas? Bagaimana cara menerapkan sikap ikhlas dalam kebidupan sehari-hari? Secara bahasa, ikhlas bermakna memurnikan (amhadho). Sedangkan secara istilah ikhlas artinya menjadikan tujuan ibadah semata-mata hanya karena Allah. Ikhlas merupakan sifat yang harus kita terapkan, hal ini dijelaskan dalam firman Allah berbunyi “Katakanlah: Tuhanku menyuruh menjalankan keadilan. dan (katakanlah): luruskanlah muka (diri)mu di setiap sembahyang dan sembahlah Allah dengan mengikhlaskan ketaatanmu kepada-Nya. sebagaimana Dia telah menciptakan kamu pada permulaan (demikian pulalah kamu akan kembali kepadaNya)” Q.S  Al-A’raf ayat 29.

Sebelum menerapkan sikap ikhlas ini, kita harus mengetahui keutamaan-keutamaan ikhlas terlebih dahulu. Keutamaan ikhlas diantaranya adalah:
Pertama, ikhlas adalah buah dan inti sari dari iman. Bahkan ikhlas adalah salah satu syarat diterimanya ibadah seorang hamba. Seseorang tidak dianggap beribadah dengan benar jika tidak ikhlas. Hal ini di jelaskan oleh firman allah saw. Yaitu Q.S Al-An'am yang berbunyi
قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
Artinya: Katakanlah “sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam “.
Kedua, musuh manusia yang bernama syaithan  takut dan putus asa terhadap orang orang yang ikhlas. Ketahuilah bahwa syaithan mengaku tidak mampu menggoda dan menyesatkan hamba Allah yang ikhlas. Hal ini dijelaskan juga di dalam firman allah saw. Yaitu Q.S Al-Hijr ayat 40 yang berbunyi
إِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ
Artinya: (Aku akan menyesatkan) Kecuali hamba-hambaMu yang ikhlas.
Ketiga, suatu amal kecil yang dilakukan dengan ikhlas pasti akan mengalahkan amal yang besar tapi dilakukan tidak dengan ikhlas. Sebagian orang melakukan amal yang besar seperti memberikan infak dalam jumlah yang banyak, tapi ternyata tujuan utamanya adalah   mengharap pujian manusia  ataupun kepentingan kepentingan lain yang tersembunyi.
Abdullah bin Mubarak berkata, “Betapa banyak amalan yang kecil menjadi besar karena niat (yang ikhlas karena Allah), dan betapa banyak pula amal yang besar menjadi kecil hanya karena niat.”
Keempat, Jika landasan hidup seseorang adalah beragama dengan ikhlas maka semua yang berat baik dalam ibadah maupun dalam berakhlak dan bermuamalah akan terasa ringan dan semua yang sulit akan terasa mudah.
Kelima, orang yang ikhlas tidak bisa dizhalimi dan tidak pernah merasa dizhalimi karena kezhaliman apapun tidak akan mampu membuatnya tersiksa bahkan semakin mulia kedudukannya karena membuat dirinya semakin mampu bersabar dan bersyukur.

Setelah kita mengetahui keutamaan ikhlas, saya berharap kalian mulai membiasakan menerapkan sikap ikhlas ini. Dalam menerapkan sikap ikhlas, kalian bisa menerapkan sikap ikhlas dalam perbuatan dan ikhlas dalam perkataan. Maksud dari ikhlas dalam perkataan yaitu ucapan yang disampaikan dengan tulus, tidak mengandung unsur dusta, tidak bermaksud membuat orang lain celaka, dan tidak karena terpaksa, melainkan atas dasar sukarela. Sedangkan ikhlas dalam perbuatan maksudnya yaitu perbuatan yang dilakukan tulus, tanpa pamrih dan sepenuh hati. Kalian bisa memulai menerapkan sikap ikhlas ini dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu, seperti memaafkan kesalahan orang lain, melakukan segala perbuatan karena allah swt. Semata, dll.

 Dengan kita menerapkannya sikap ini kita akan mendapatkan manfaatnya, seperti ibadah kita lebih bernilai di sisi allah, dijauhkan dari keluhan dan kekecewaan, mendapatkan pujian dari Allah swt. Dengan demikian kita bisa simpulkan bahwa ikhlas merupakan sifat terpuji yang harus kita terapkan di kehidupan sehari-hari karena ikhlas merupakan sikap yang allah cintai.

Demikian ceramah yang dapat saya sampaikan, saya berharap setelah mendegarkan ceramah saya, kalian dapat menerapkan sikap ikhlas ini di kehidupan sehari-hari. Jika ada salah kata saya mohon maaf karena kesempurnaan hanya milik Allah swt.

Wabillahi Taufiq Wal-Hidayah Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Komentar

Postingan Populer