Kebersihan Merupakan Sebagian Dari Iman

Selamat Datang di Blog XI Mipa 1 SMANSA SERANG 2018.......


Kebersihan Merupakan Sebagian Dari Iman



Assalamualaikum wr. wb. 

Terimakasih kepada ibu guru dan teman-teman sekalian yang sudah hadir. Pada kesempatan yang baik ini Marilah kita panjatkan puji syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan kita rahmat, berkah, kesempatan, serta kesehatan. Shalawat serta salam tercurahlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Hari ini saya akan memberi ceramah tentang pentingnya kebersihan. Tujuan saya ceramah saat ini adalah untuk mengubah kebiasaan buruk anda menjadi yang baik.

Kebersihan adalah hal yang sangat penting di kehidupan. kebersihan juga adalah sebagian dari iman sebagaimana dikatakan pada hadist HR. Al-Bukhari dan Ahmad yang berbunyi ;
 
jadi jika kalian semua orang yang beriman, seharusnya kalian semua menjaga kebersihan. Lingkungan yang kotor dapat menyebabkan banyak masalah antara lain;
1.    1.  Jika lingkungan kita tidak bersih kita akan mudah terkena penyakit seperti diare, disentri, tifus dll. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani. Selain itu jika sakit kita tidak bias beraktivitas dengan baik, jadi waktu yang berharga terbuang sia-sia.
2.     2. Jika lingkungan kita tidak bersih kita akan tidak nyaman melakukan aktivitas apapun. Misalkan sekolah kita penuh dengan sampah yang baunya menyengat apakah kita akan nyaman belajar, tentu tidak.
3.    3.  lingkungan yang kotor juga dapat menyebabkan bencana, misalnya banyak orang yang membuang sampah di sungai, saat musim hujan tiba biasanya terjadi banjir contohnya di ibukota negara tercinta kita ini sering sekali terjadi banjir.
Kita semua harus sadar tentang pentingnya kebersihan, jika ada sampah orang yang sadar pentingnya kebersihan akan membuangnya di tong sampah bukan dijalan, disungai, dikolong meja. Dan orang yang sadar pentingnya kebersihan tahu bahwa Allah menyukai orang yang menjaga kebersihan maka itu dia selalu menjaga kebersihan.

Maka dengan itu marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan, tidak harus dari yang besar misalnya membuang sampah pada tempatnya dan melaksanakan piket kelas agar kita terhindar dari penyakit, selalu nyaman melakukan aktivitas kita, dan memcegah terjadinya bencana.

Demikian apa yang saya sampaikan mengenai kebersihan. Kesimpulannya adalah Kebersihan merupakan hal yang harus kita jaga. jika kebersihan tidak dijaga dapat menyebabkan banyak hal buruk seperti penyakit, tidak nyamannya lingkungan, dan bencana seperti banjir. Saya harap setelah ini anda sadar dan mulai menjaga kebersihan. Mohon maaf apabila ada kesalahan.

Wassalamualaikum wr. wb.

Disusun Oleh :
Velananda Firdiady (39) XI MIPA 1


Komentar

Postingan Populer