Yakin Ingin Merokok???



                           
                         Bahaya Merokok

   Assalamu’alaikum Wr.Wb
   Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan nikmat sehat kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang akan dipenuhi oleh kenangan indah ini. Terimakasih kepada Ibu Diah selaku guru Bahasa Indonesia yang telah memberikan waktu kepada saya untuk menyampaikan ceramah dan tak lupa juga kepada teman – teman yang telah memberikan perhatian kepada saya untuk mendengarkan ceramah saya kali ini. Saya berdiri di sini akan menyampaikan sebuah ceramah yang berisi tentang bahaya merokok.
   Tahukah kalian apakah rokok itu? Rokok merupakan tembakau yang dibalut berbentuk silinder dari kertas maupun dari berbagai jenis daun berukuran antara 70 mm hingga 120 mm dengan diameter 10 mm (berbeda mengikut negara). Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup melalui mulut pada ujung yang lain. Sedangkan merokok adalah aktivitas seseorang menggunakan atau mengisap sebatang rokok. Banyak faktor yang dapat memengaruhi seseorang untuk merokok. Pertama adalah faktor pergaulan. Kita tahu bahwa pergaulan merupakan salah satu faktor terbesar dalam penentuan hidup kita. Apabila kita bergaul dengan para perokok, maka tentu kita akan mengikuti kebiasaan mereka yaitu merokok. Kedua adalah korban iklan. Pada saat ini iklan rokok banyak kita jumpai, baik itu di televisi ataupun di tempat umum. Iklan tersebut dibuat semenarik mungkin sehingga seseorang yang melihatnya akan penasaran terhadap rokok dan akhirnya merekapun mencobanya. Ketiga adalah tradisi merokok. Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah keluarga, di mana ketika ada salah satu anggota keluarga yang merokok, anggota keluarga lain akan penasaran dan akhirnya dia melakukan kegiatan yang sama. Lalu, mengapa merokok itu berbahaya? Karena di dalam rokok banyak sekali terkandung zat yang membahayakan tubuh, di antaranya adalah nikotin, benzene, tar, amonia, dan karbon monoksida. Nikotin dapat mengakibatkan kanker dan merusak struktur DNA Anda. Benzene dapat mengakibatkan kanker darah karena kandungan karsinogen di dalamnya. Tar dapat menyebabkan kanker, impotensi, penyakit jantung, penyakit darah, bronkitis, serta gangguan kehamilan dan janin. Amonia menyebabkan sang perokok menjadi candu terhadap rokok. Karbon monoksida dapat menimbulkan kerusakan paru-paru serta berpotensi menyebabkan penyakit koroner. Itulah mengapa merokok sangat berbahaya bagi kita semua.
   Oleh karena itu, saya berharap kita semua tidak terjerumus ke dalam tindakan yang tidak baik ini. Jangan sampai kita merusak diri kita sendiri karena rokok. Kita harus menjaga diri kita jauh dari rokok, caranya adalah dengan menjaga pergaulan kita, menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan positif, menghilangkan rasa penasaran kita terhadap rokok dan masih banyak lagi. Apabila kita mampu melakukan itu, kita pasti terhindar dari rokok dan berhasil menyelamatkan diri kita dari bahaya merokok.
   Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Maaf apabila terdapat kesalahan pengucapan.
   Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Muhammad Rasyid Dhiaulhaq XI MIPA 1

Komentar

Postingan Populer