Pola hidup sehat

TEKS CERAMAH BAHASA INDONESIA
Assalamulaikum Wr. Wb
        Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul di XI Mipa 1 pagi ini. Terima kasih kepada Ibu Diyah selaku guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk memberikan ceramah tentang pola hidup sehat di kelas ini.  Yang saya hormati guru bahasa Indonesia SMAN 1 Kota Serang serta teman-teman yang saya banggakan. Disini saya akan menyampaikan ceramah yang berjudul pola hidup sehat. 

        Di zaman sekarang yang sangat sibuk ini kerap kali kita melupakan pentingnya pola hidup sehat. Padahal tubuh yang sehat dan bugar menjadi peranan penting dalam meraih kesuksesan dimasa yang akan datang. Padatnya jadwal sehari-hari sering membuat kita lupa untuk berolahraga rutin dan istirahat yang cukup. Bahkan asupan gizi yang tubuh perlukan sering diganti dengan makanan serba instan yang belum tentu baik untuk kesehatan. Rasulullah SAW pernah menasehati seorang pemuda dalam hadits seperti berikut ini :

إِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَا بَكَ قَبْلَ هَرَ مِكَ ، وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ ، وَ غِنَا كَ قَبْلَ فَقْرِ كَ ، وَ فَرَا غَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ ،وَ حَيَا تَكَ قَبْلَ مَوْ تِكَ
"Ambillah kesempatan lima (keadaan) sebelum lima (keadaan). (Yaitu) mudamu sebelum pikunmu, kesehatanmu sebelum sakitmu, cukupmu sebelum fakirmu, luang waktumu sebelum sibukmu, kehidupanmu sebelum matimu." [HR Al Hakim ]. 

      Oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan kita. Salah satu caranya adalah dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat. Ada beberapa pola hidup sehat yang perlu diperhatikan, antara lain olahraga, pola makan, istirahat, dan olah pikiran.

Olahraga merupakan kegiatan yang mudah dilakukan tetapi sering diabaikan. Padahal olahraga yang sedikit tetapi rutin dilaksanakan dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Contohnya, jogging mampu meningkatkan daya tahan tubuh, senam mampu meningkatkan kelenturan sendi dan kekuatan tulang, serta jalan santai mampu membuat tubuh berkeringat yang bertujuan untuk mengeluarkan racun dari tubuh. 

          Berikutnya pola makan yang sehat. Pola makan harus dijaga agar tidak menimbulkan hal yang tidak kita inginkan seperti obesitas atau malah kekurangan gizi. Kita-kiat untuk mengatur pola makan yang sehat, antara lain pertama jangan lewatkan sarapan karena tubuh akan kekurangan bahan bakar untuk aktifitas di siang hari. Akibatnya, di siang hari anda akan merasa lapar berlebih dan menghabiskan porsi besar saat makan siang ataupun makan selingan yang tinggi kalori yang bisa membuat berat badan bertambah. Kedua perbanyak konsumsi buah dan sayur segar karena buah dan sayuran menyediakan berbagai vitamin dan mineral penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ketiga konsumsi lemak sehat seperti alpukat, karena alpukat memiliki lemak yang baik untuk jantung. Selain memberikan vitamin dan protein, ikan juga memberikan lemak yang baik untuk daya ingat. Keempat kontrol asupan gula. Dan yang terakhir makan 5-6 kali sehari yaitu 3 kali makan utama dan 2-3 kali makan selingan sehat yang tinggi vitamin protein dan rendah kalori dan gula. Contohnya,  nonfat yoghurt dan kacang-kacangan dalam porsi tertentu.

         Selanjutnya adalah istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup akan memulihkan tubuh kita yang letih dan memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga yang telah digunakan. Menurut Cora Breuner MD Ketua Komite Adolescence untuk American Academy of Pediatrics mengatakan bahwa beberapa remaja membutuhkan 8-10 jam tidur nyenyak terutama mereka yang aktif sepanjang hari.

           Terakhir adalah lolah pikiran atau managemen stres. Stres adalah reaksi psikologis dan fisik normal terhadap peningkatan beban dari kehidupan. Semakin tinggi tingkat stres yang dialami akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Maka dari itu diperlukan relaksasi pikiran seperti mengisi waktu luang dengan rekreasi bersama keluarga, jalan-jalan dengan teman atau sekedar membaca buku yang ringan. Selain itu pendekatan diri kepada tuhan dalam bentuk ibadah harus ditingkatkan agar tidak melampiaskan rasa stres pada hal-hal yang negatif seperti mengkonsumsi narkoba dan pergaulan bebas. Dengan demikian pola pikir yang sehat dapat menunjang pola hidup yang sehat pula.

          Jadi pola hidup yang sehat dapat dilaksanakan dengan berolahraga, mengatur pola makan, istirahat yang cukup, dan memanagemen stres secara baik agar tubuh kita menjadi bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Demikian ceramah ini saya sampaikan. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan dan kesalahan.

Wassalamualaikum Wr.Wb.


Tarisa Azzajela Syefani
XI Mipa 1

Komentar

Postingan Populer