Manfaat Berolahraga Bagi Mental


Nama : Abdul Quddus Al KAhfi
Kelas : 11 MIPA 1

Manfaat Berolahraga Bagi Mental

Assalamualaikum wr wb,

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Alloh swt atas segala nikmatnya sehingga kita dapat berkumpul di sini. Tidak lupa, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada hadirin sekalian yang sudah memberikan saya waktu dan kesempatan memberikan pesan singkat pada kesempatan kali ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan membicarakan tentang olahraga.

Apa itu olahraga? Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga mempunyai banyak manfaat bagi sistem biologis tubuh. Mari kita simak.

Aktivitas fisik yang dilakukan saat kita berolahraga dapat membantu kita menjaga ketajaman mental kita saat kita bertambah tua, termasuk berpikir kritis, belajar, dan mengambil keputusan yang baik. Berolahraga dapat meningkatkan memori dengan cara membuat sel otak yang baru di hippocampus. Hippocampus adalah area yang bertanggung jawab dalam hal belajar dan mengingat. Berolahraga dapat meningkatkan fungsi executive, yang mana meliputi skill berpikir yang lebih tinggi. Berolahraga dapat meningkatkan fleksibilitas kognitif, yang melibatkan multitasking dan task switching atau pengalihan tugas.

Berolahraga juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dalam mengerjakan tugas. Aktivitas fisik dapat meningkatkan denyut jantung, yang hasilnya adalah meningkatkan aliran darah ke otak. Semakin banyak aliran darah ke otak, itu berarti otak menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi untuk beroperasi. Berolahraga meningkatkan level kimia di otak yang disebut BDNF di manusia. BDNF membantu memperbaiki dan melindungi sel-sel otak dari degenerasi. Berolahraga juga mengurangi resiko penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer.

Otak kita mulai kehilangan neuron sekitar usia 30. Hal ini mempengaruhi kemampuan kognitif, ingatan, dan bahkan serangan dementia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga yang dilakukan dengan level sedang dapat meningkatkan volume otak sebanyak 1-2%. Olahraga meningkatkan produksi glial sel, yang mana merupakan jaringan pendukung otak. Sel-sel ini mempunyai efek perlindungan dan mendukung fungsi neuron.

Olahraga dapat meningkatkan plastisitas otak dengan membentuk koneksi baru antara sel-sel otak. Hasil dari itu adalah keefisiensian transmisi data, yang dapat membantu Anda berpikir lebih cepat. Olahraga dapat memicu pelepasan endorphins. Endorphins adalah zat kimia di otak yang membuat kita merasakan perasaan yang baik. Itu membantu kita melawan depresi dan kegelisahan, yang mana dapat meningkatkan kesehatan otak. Olahraga adalah cara terbaik untuk mengendalikan atau melawan stres. Olahraga juga mengurangi tingkat hormon yang berkaitan dengan stres seperti cortisol dan adrenaline. Olahraga juga mengatur sturktur otak untuk bereaksi secara berbeda terhadap situasi yang menekan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang aktif secara fisik memiliki tingkat kesejahteraan 32% lebih baik daripada orang yang tidak aktif. Olahraga yang baik dapat menstabilkan kadar gula dan meningkatkan sesitifitas insulin. Kontrol gula darah yang lebih baik melindungi Anda dari penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

Oleh karena itu, saya mengajak Anda untuk berolahraga secara rutin dari sekarang. Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga ada manfaat yang dapat Anda ambil, kurang lebihnya saya minta maaf, semoga Anda selalu diberikan kesehatan. Terimakasih. Wassalamualaikum wr.wb.




Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer