Pentingnya Menjaga Kebersihan

Nama : Ambar Puspita Sari
Kelas  : XI MIPA 1

Pentingnya Menjaga Kebersihan

Assalamu'alaikun Warrohmatullahi wabarakatuh

   Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat. Shalawat serta salam tak lupa kita curahkan kepada junjungan kita, Nabi besar Muhammad SAW. yang telah membawa kita dari zaman kegelapan sampai ke zaman yang serba modern ini.Ucapan terima kasih saya ucapkan kepada Ibu Diyah dan juga teman - temanku sekalian yang telah berkenan untuk menjadi audiens dan mendengarkan ceramah saya hari ini.
   Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan ceramah tentang pentingnya menjaga kebersihan. Materi ini saya sampaikan untuk meningkatkan kesadaran kita untuk bisa lebih menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Seringkali hal yang kita anggap sepele justru awal dari sebuah masalah besar.
   Menurut riset yang dipublikasikan di jurnal science pada 13 Februari 2015 lalu, Indonesia merupakan negara penghasil sampah plastik di lautan kedua terbesar di dunia. Sampah yang dihasilkan kurang lebih 13 juta ton per tahunnya. Hal ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya menjaga kebersihan masih kurang.
     Kebiasaan untuk menjaga kebersihan ini sudah sepatutnya ditanamkan sejak kecil dan dalam lingkup paling kecil, yaitu keluarga. Peran orang tua dalam hal ini sangatlah penting karena orang tualah yang berperan sebagai pendidik dalam lingkup keluarga. Selain itu, orang tua juga yang menjadi pengajar pertama dalam kehidupan kita.
     Kebersihan merupakan hal yang disukai oleh Allah SWT. hal ini dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Al - Tirmidzi  yang berbunyi
                           اَلنَّظَافَةُ مِنَ الْإِيْمَان ِ
“Kebersihan sebagian dari iman.” (HR. Al-Tirmidzi)
Dari hadist yang telah disebutkan, dapat disimpulkan bahwa apabila kita menjaga kebersihan, maka kita akan mendapat pahala dari Allah SWT. dan juga memperkuat keimanan kita kepada-Nya.
    Banyak manfaat yang akan kita dapatkan apabila kita dapat menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita, seperti lingkungan akan tampak lebih bersih dan enak dipandang, bebas dari polusi udara sehingga lingkungan yang kita tinggali menjadi lebih sejuk. Selain itu,  kita juga akan terhindar dari berbagai penyakit karena tidak ada bibit penyakit yang akan muncul. Manfaat terakhir adalah mencegah terjadinya bencana banjir karena penyebab terjadinya banjir adalah saluran air yang tersumbat oleh sampah yang berlebih. 
     Dari hal - hal yang telah saya sampaikan, dapat disimpulkan bahwa  kita harus lebih meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya menjaga kebersihan karena banyak manfaat yang akan kita dapatkan apabila kita menjaga kebersihan. Demikian ceramah yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kata - kata yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Komentar

Postingan Populer