Pentingnya Suntik TT

AMALIA RAHMAN

XI MIPA 1


Assalamualikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirin yang berbahagia, pertama tama marilah kita panjatkan doa, puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita dapat berkumpul di pagi hari yang cerah ini dalam keadaan sehat dan walafiat.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan ceramah tentang "Pentingnya Suntik TT".

Apa itu Suntik TT?
Suntik TT (Tetanus Toksoid) adalah vaksinasi yang diberikan pada wanita sebelum menikah atau wanita hamil untuk mecegah penyakit tetanus. Cara kerja imunisasi ini dengan menyuntikkan bakteri tetanus yang telah dilemahkan ke dalam tubuh. Kemudian tubuh akan membentuk antibodi yang lebih kuat terhadap bakteri penyebab tetanus.

Sebenarnya Tetanus itu apa sih?
Tetanus sendiri merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini biasanya ditemukan di kotoran hewan, kotoran manusia, tanah, dan tempat-tempat kotor lainnya. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui luka. Bakteri ini akan hidup dalam tubuh dan mengeluarkan racun yang berpotensi merusak sumsum tulang belakang dan sistem syaraf. Akibatnya, penderita akan mengalami kejang atau kaku otot hingga resiko kematian.


Kapan suntik TT dapat diberikan?
Menurut catatan medis, suntik TT yang benar harus dilakukan sebanyak 5 kali semasa hidup. Gunanya untuk memberikan perlindungan hingga 25 tahun mendatang. Selain itu, suntik TT sangat dianjurkan untuk calon pengantin wanita. Suntik ini diberikan pada masa 1-2 bulan sebelum menikah dan  pada saat hamil muda.

Seberapa penting suntik TT bagi wanita sebelum menikah?
Secara medis, suntik TT sangatlah penting bagi wanita sebelum menikah. Beberapa alasan mengapa suntik TT direkomendasikan bagi calon pengantin adalah:

·       Pencegahan infeksi pada saat terjadinya luka.

·       Suntik TT berguna untuk memberikan kekebalan tubuh terhadap bakteri Clostridium tetani.

·       Pencegahan infeksi pada saat proses persalinan, terutama untuk proses persalinan yang kurang steril.

·       Suntik TT juga melindungi bayi baru lahir dari penyakit Tetanus Neonatorum.


Apakah suntik TT diwajibkan sebelum menikah?

Suntik TT bagi wanita yang hendak menikah sebenarnya tidaklah wajib. Namun, saat ini banyak Kantor Urusan Agama (KUA) yang telah menetapkan kebijakan suntik TT untuk syarat kelengkapan berkas pernikahan. Untuk tempat pelayanan suntik TT dapat dilakukan di puskesmas, rumah sakit bersalin, rumah sakit umum, bidan praktik atau dokter praktik.

Adakah efek samping dari suntik TT untuk wanita?
Menurut beberapa pakar kesehatan, suntik TT tidak mempengaruhi kesehatan ibu dan janin. Suntik TT terbilang aman bagi wanita hamil. Biasanya seseorang yang telah melakukan suntik TT hanya akan mengalami bengkak, nyeri dan kemerahan di area kulit bekas suntikan. Efek samping ini akan menghilang dengan sendirinya kira-kira 2-3 hari.


Jadi, sebaiknya anda segera lakukan suntik TT demi kesehatan anda dan bayi anda di masa depan. Sekian yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf, saya pamit undur diri.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Komentar

Postingan Populer