Pentingnya Moral Remaja

Tugas Bahasa Indonesia

Ceramah


Nama : Vira Ayu Oktaviani (40)

Kelas : XI MIPA 1



Pentingnya Moral Remaja


            Assalamu’alaikum, Wr. Wb.

      Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT. yang telah memberikan rahmat dan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat. Tak lupa kita ucapkan shalawat serta salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Pertama – tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu guru Bahasa Indonesia yang telah memberikan kesempatan saya untuk berdiri di sini menyampaikan ceramah saya. Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada teman – teman sekalian yang telah bersedia mendengarkan ceramah saya.

       Tujuan saya berdiri di sini adalah untuk menyampaikan ceramah tentang pentingnya moral remaja pada zaman sekarang. Moral adalah istilah manusia menyebut ke manusia atau orang lainnya dalam tindakan yang memiliki nilai positif. Moral ini sangat penting berkaitan dengan sikap, perilaku, gaya hidup seseorang, dan perkembangan zaman serta teknologi. Ceramah ini saya sampaikan untuk menyadarkan remaja agar bersikap lebih sopan, bijak, dan berhati – hati.

       Pada zaman sekarang ini, banyak sekali masalah yang muncul di media informasi seperti televisi, surat kabar, maupun berita di internet yang berkaitan tentang menurunnya moral remaja zaman sekarang. Hal ini membuat resah para orang tua. Banyak sekali kasus – kasus yang berkaitan dengan penurunan moral remaja seperti tawuran, narkoba, berjudi, mabuk – mabukan, gaya berpakaian yang terlalu minim,  dan lain sebagainya. Kasus – kasus seperti itu bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk orang – orang yang berpendidikan tinggi maupun berasal dari keluarga yang berkecukupan. 

    Kita dapat melihat penurunan moral remaja ini dari cara mereka berpakaian. Cara mereka berpakaian yaitu dengan mengikuti tren dari budaya barat yang sangat bertentangan dengan budaya Indonesia. Gaya berpakaian mode barat ini meliputi baju yang ketat dan tipis serta celana atau rok yang terlalu pendek. Hal ini sangat bertentangan dengan budaya Indonesia karena Indonesia terkenal akan kesopanannya. Selain itu kita juga mengetahui bahwa hukum menutup aurat adalah wajib untuk dilaksanakan. Penurunan moral remaja ini pun terjadi bukan tanpa sebab.

       Penyebab rusaknya moral remaja dapat disebabkan beberapa hal. Beberapa di antaranya yaitu kurangnya didikan orang tua, kurangnya pendidikan yang mengajari tentang pentingnya moral, serta tidak adanya pegangan hidup bagi para remaja tersebut sehingga mengakibatkan mereka hidup dalam ketidakteraturan. Selain itu juga dapat disebabkan oleh pergaulan yang mereka ikuti dan dengan tidak menyaring dahulu budaya barat yang patut atau tidak mereka tiru. Pergaulan seseorang dapat mengubah sikap dan gaya hidup orang tersebut dengan meniru apa yang dilihatnya dari lingkungan sekitar.

   Kondisi ini sudah seharusnya kita hindari. Tindakan yang dapat kita lakukan untuk mencegah penurunan moral remaja di lingkungan bisa dimulai dengan cara memilah – milah pergaulan atau gaya hidup yang sekiranya patut untuk diikuti. Pergaulan yang baik di lingkungan yang baik pula akan menjadikan kita lebih bijak dalam bersikap. Pergaulan yang sekiranya akan menjerumuskan kita harus kita hindari. Selain itu, peranan orang tua dalam membina dan mendidik anak pun harus diperhatikan. Hal ini memerlukan kerja sama yang baik antara orang tua dan anak. Apabila orang tua bisa memberikan pengertian dan rasa nyaman serta aman kepada anaknya, sang anak pun tidak akan merasa jenuh berada di rumah dan memilih untuk pergi bermain bersama teman – temannya dan mencari tempat yang nyaman di luar rumah. Tempat – tempat seperti itu biasanya terdapat banyak anak yang tidak memiliki moral yang baik sehingga dapat menjerumuskan orang lain menjadi lebih buruk.

  Jadi, sudah seharusnya kita mulai menyadari pentingnya moral dalam kehidupan bermasyarakat. Kita sebagai remaja harus sadar bahwa kita adalah penerus bangsa di masa yang akan datang. Apabila kita sebagai remaja memiliki moral yang jelek, maka bangsa ini di masa depan akan hancur. Kita sebagai remaja dapat melakukan hal – hal yang dijelaskan sebelumnya untuk menjadikan masa depan bangsa lebih baik dengan memiliki remaja – remaja dengan moral yang baik. 

    Semoga ke depannya tidak ada lagi remaja yang mengalami penurunan maupun penyimpangan moral seperti ini. Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada salah – salah kata yang tak disengaja maupun disengaja atau menyinggung beberapa pihak dengan kata – kata saya.

         Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.

Komentar

Postingan Populer