Proyek Pemerintah Membuat Masalah Baru



       Kelompok  :  13
Anggota     :  Isabella Frisca
                               Tubagus Zakie Faqihuddin
                               Widya Nur Hidayah T.K


Banyaknya tumpukan sampah menjadi
salah satu penyebab banjir di jalan K.H
Fatah Hasan
Jalan provinsi merupakan jalan yang mempunyai peranan penting dalam berbagai hal, seperti distribusi barang, konektivitas antar daerah, memudahkan dalam mobilitas penduduk, dan sebagainya. Oleh karena itu, jalan provinsi harus mampu menunjang aktivitas-aktivitas tersebit. Pengoptimalannya telah dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia, salah satunya di Provinsi Banten.
Pemerintah Provinsi Banten telah melakukan proyek pelebaran jalan di sepanjang jalan provinsi, salah satunya di Jalan K. H. Fatah Hasan. Jalan ini terletak di Kelurahan Cipare, Kecamatan Serang, Kota Serang. Tepatnya, berada di perempatan lampu merah Warung Pojok (Warjok) dan berada di depan De Cafe.
Mulanya, proyek berjalan dengan baik, yaitu terlaksananya pelebaran jalan yang cukup rapi. Akan tetapi, saat musim hujan tiba, timbul masalah baru, yaitu munculnya banjir karena masalah pada saluran air dan ketinggian jalan. Pelebaran jalan ini adalah satu-satunya proyek di Kota Serang yang tidak mendapat perhatian dari pemerintah, meskipun proyek tidak berjalan sesuai rencana. Padahal, ada pula jalan yang tidak terlalu vital peranannya tetapi sudah diperbaiki dan tidak menimbulkan masalah baru. Kemudian, jalan ini merupakan salah satu jalan yang penting bagi warga.
Ada beberapa faktor yang mengakibatkan timbulnya masalah baru dalam proyek tersebut, salah satunya adalah kurangnya anggaran. “Biaya untuk membangun jalan dan lain-lain, per kilometernya yang dulu Rp1,1 miliar, sekarang turun hanya sekitar Rp800 juta per kilometer. Kita bikin efisiensi disana,” tutur Direktur Jenderal Bina Marga Kementrian PUPR, Arie Setiadi Morwanto. (Simorangkir,Eduardo. 2018. Detik Finance). Hal ini mengakibatkan perbedaan kualitas dan jumlah antara bahan pembuat jalan lama dan jalan baru. Perbedaan ini dapat dilihat dari ketinggian jalan yang tidak sama. Jalan hasil pelebaran justru lebih rendah dari jalan yang lama. Akibatnya, saat musim hujan air menjadi menggenangi jalan yang lebuh rendah. Kemudian, pelebaran yang seharusnya dapat mengurangi kemacetan, justru menambah kemacetan karena terhambat banjir.
     Selain itu, saluran air yang tersumbat juga menjadi faktor lainnya. Kurangnya kepedulian pemerintah dan masyarakat dalam hal saluran air mengakibatkan tersumbatnya air saat musim hujan yang menyebabkan banjir. Selanjutnya, banjir pula dapat mengakibatkan terhambatnya segala aktivitas masyrakat yang kemudian akan berdampak pada terganggunya kegiatan ekonomi.
     Faktor lainnya yaitu, fokusnya pemerintah pada pembangunan jalan lan yang lebih rusak. “Bahwa masih ada 127 kilometer dalam kondisi rusak. Target kita ini 3 tahun selesai, maksimal 3 tahun,” kata Wahidin, gubernur Provinsi Banten. (Rifai,Bahtiar.2017.Detik News). Akibatnya, jalan lain yang dianggap tidak terlalu rusak , tidak diperbaiki sampai sekarang. Menurut pengamatan, jalan K.H. Fatah Hasan yang selalu banjir memang tidak berlubang ataupun sempit. Hal ini menjadikan jalan ini tidak menjadi prioritas pemerintah. Akibatnya, sampai waktu yang cukup lama, masyarakat akan terus berhadapan dengan banjir saat musim hujan.
Beberapa fakta yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya jelas mendukung bahwa proyek pemerintah bukannya memperbaiki masalah malahan menimbulkan banyak masalah baru. Namun, pemerintah seakan menutup mata akan masalah masalah baru yang ditimbulkan dari proyek yang sebelumnya telah dilakukan. Data-data yang telah disampaikan menunjukan banyaknya dampak negatif dari proyek yang dilakukan oleh pemerintah. Dampak negatif tersebut tidak hanya dirasakan oleh pihak pemerintah, melainkan masyarakat pun terkena imbasnya. Beberapa warga kehilangan harta, tenaga, bahkan nyawa sekalipun.
Akan tetapi, kita tidak dapat menyalahkan pihak pemerintah secara terus-menerus. Kita pun sebenarnya turut ambil bagian dalam penyebab proyek pemerintah yang menimbulkan masalah baru. Oleh karenanya, sebaiknya kita harusnya mendukung pemerintah dalam menjalankan proyek-proyek selanjutnya. Dengan tujuan mensejahterakan kita, sebagai masyarakat Provinsi Banten tercinta ini.

Komentar

Postingan Populer